Sabtu, 21 Februari 2015

Konsep pembuatan suatu logo (Ramapama)

 

Disini akan dijelaskan konsep terbentukanya logo Ramapama (hanya contoh) ini sendiri. Konsep yang digunakan dalam membuat logo ini yaitu ingin membuat suatu image atau branch baru dengan tujuan agar mudah diingat. Berikut konsepnya:

 I. Konsep logo


1. Deskripsi Logo
  • Logogram
Logo ini berbentuk belah ketupat yang didalamnya terdapat huruf “RP” - (R)ama(p)ama, serta anak panah keatas dan kebawah, maksud dan tujuan arah panah keatas adalah target pasar adalah kalangan keatas, sedangkan arah panah kebawah adalah target pasar untuk kalangan menengah kebawah. Dalah hal tersebut maksud dan tujuan perusahaan ini adalah agar bisa mencakup semua kalangan dari mulai kalangan keatas, menengah, hingga kebawah.

  • Logotype
Logo ini dibuat dengan dua tehnik bentuk abstrak yaitu logo/branding dan inisial dari nama Ramapama disingkat RP (R & P) dengan huruf awalan diambil dari logogram. Tehnik abstrak dibuat dengan tujuan membuat image logo baru agar mudah diingat dan dan inisial nama untuk memudahkan dalam pengenalan nama pemilik perusahaan tersebut.

2. Arti Bentuk Logo
  • Logogram : bentuk belah ketupat yang memiliki sudut lancip di keempat sisinya menunjukkan bahwa perusahaan ini bergerak dinamis kesegala arah, sehingga keterjangkauan perusahaan sangat luas dan mencakup seluruh lapisan masyarakat.
  • Logotype : huruf “R” dan “P” yang diambil dari logogram yaitu untuk memudahkan dalam menghafal logo Ramapama dengan tujuan mudah diingat oleh kalangan masyarakat dan bisa diaplikasikan di berbagai media visual atau cetak  walaupun dalam ukuran 1cm x 1cm.
3. Arti Warna Logo
Warna hijau muda ini adalah warna dengan arti memberikan kesan segar, dalam hal ini segar berarti bahwa ide/gagasan yang diaplikasikan oleh perusahaan ini bersifat baru atau fresh dengan kata lain ide/gagasannya bukan ide/gagasan yang sudah diberikan untuk client sebelumnya. Oleh karena itu warna hijau muda-lah yang dipilih, dipilih karna memberikan penggambaran bahwa konsumen akan merasa nyaman serta puas dengan kinerja perusahaan ini.
Maka bisa disimpulkan logo ini dibuat berbentuk abstrak dengan menggabungkan huruf "R" dan "P" di dalam sebuah bangun berbentuk belah ketupat yang di setiap sisinya memiliki ujung lancip yang berarti gerakan yang dinamis.
 
II. Pengaplikasian Logo
 
 Logo bukan hanya bisa ditempatkan pada satu media saja, tetapi pengaplikasiannya juga harus bisa di aplikasikan ke berbagai media misalkan CD, Kartun Nama, Amplop surat, Pin (badge), dsb.
 
Demikian lah beberapa konsep pembuatan suatu logo, ingat 5 dasar pembuatan logo adalah:
1.    Dapat digambarkan secara detail
2.    Mudah untuk dingat dan menarik perhatian
3.    Nampak indah walaupun tanpa warna
4.    Dapat disesuaikan dalam bentuk skala kecil dan besar
5.    Relevan dengan perusahaan tersebut
 



0 komentar:

Posting Komentar

© Maniak Desain 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis